Paus Fransiskus: Cara Yesus Berdoa

Katakese Lanjutan tentang Doa Bapa Kami (Audiensi Rabu, 13 Februari 2019) 

Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi!
      Mari kita lanjutkan perjalanan kita untuk belajar berdoa dengan lebih baik, seperti yang diajarkan Yesus kepada kita. Kita harus berdoa seperti yang Dia ajarkan untuk kita lakukan.
      Dia berkata: ketika Anda berdoa, masuk ke dalam keheningan kamar Anda, menarik diri dari dunia, dan memanggil Tuhan, memanggil-Nya "Bapa"! Yesus ingin agar para murid-Nya tidak menjadi seperti orang-orang munafik yang berdoa berdiri di alun-alun untuk dikagumi oleh orang-orang (lih. Mt.6: 5). Yesus tidak ingin kemunafikan. Doa sejati adalah doa yang dilakukan dalam kerahasiaan hati nurani, hati: tidak dapat dipahami, hanya dapat dilihat oleh Allah. Tuhan dan aku. Itu menghindari kepalsuan: dengan Tuhan tidak mungkin untuk berpura-pura. Tidak mungkin, di hadapan Tuhan tidak ada trik yang memiliki kekuatan, Tuhan mengenal kita dengan cara ini, telanjang dalam hati nurani, dan kita tidak bisa berpura-pura. Pada akar dialog dengan Tuhan ada dialog diam-diam, seperti pertukaran pandangan antara dua orang yang saling mencintai: manusia dan Tuhan bertukar pandang, dan ini adalah doa. Memandang Tuhan dan membiarkan diri sendiri dilihat oleh Tuhan: ini adalah doa. "Tapi, Ayah, aku tidak mengatakan apa-apa ...". Lihatlah Tuhan dan biarkan diri Anda dipandang oleh-Nya: itu adalah doa, doa yang indah. Namun, meskipun doa murid itu sepenuhnya rahasia, doa itu tidak pernah jatuh ke dalam keintiman. Dalam kerahasiaan nurani, orang Kristen tidak meninggalkan dunia di luar pintu kamarnya, tetapi membawa ke dalam hati orang, situasi, masalah, banyak hal; Saya membawa semua ini ke dalam doa.
     Ada ketidakhadiran yang mengejutkan dalam teks Doa Bapa Kami. Jika saya bertanya kepada Anda apa ketidakhadiran mengejutkan dalam teks Doa Bapa Kami? Tidak akan mudah dijawab. Sebuah kata tidak ada. Kalian semua, pikirkan: apa yang hilang dari Doa Bapa Kami? Pikirkan, apa yang hilang? Satu kata. Sebuah karya yang ada di zaman kita - tapi mungkin selalu - kita semua memegang pertimbangan besar. Apa kata yang hilang dari Doa Bapa Kami, yang kita doakan setiap hari? Untuk menghemat waktu, saya akan memberi tahu Anda: kata "Saya" tidak ada. Kita tidak pernah mengatakan "Saya". Yesus mengajarkan kita untuk berdoa dengan kata “Anda” di bibir kita, pertama dan terutama, karena doa Kristen adalah dialog: “Dikuduskanlah nama-Mu”, “ Datanglah  Kerajaan-Mu, Jadilah Kehendak-Mu”.  Bukan nama saya,  kerajaan saya, kehendak saya.  Bukan saya, itu tidak pergiberlaku.  Dan kemudian beralih ke "kami". Semua bagian kedua dari Doa Bapa Kami adalah dalam bentuk jamak orang pertama: "berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya", maafkan kami karena kesalahan kami "," janganlah membawa kami ke dalam pencobaan "," bebaskanlah kami dari yang jahat ". Bahkan permintaan paling mendasar manusia - seperti memiliki makanan untuk menghilangkan rasa lapar - semuanya dalam bentuk jamak. Dalam doa Kristen, tidak ada yang meminta roti untuk dirinya sendiri: beri saya roti harian saya , tidak, beri kami , kita mohon untuk semua, untuk semua orang miskin di dunia. Kita tidak boleh melupakan ini, kata “saya” hilang. Seseorang berdoa dengan "kamu" dan dengan "kita". Itu adalah ajaran Kristus yang baik, jangan lupa.
    Mengapa? Karena tidak ada ruang untuk individualisme dalam dialog dengan Tuhan. Tidak ada tanda-tanda masalah sendiri seolah-olah kita adalah satu-satunya yang menderita di dunia. Tidak ada doa yang diangkat kepada Tuhan yang bukan doa dari komunitas saudara-saudari, kita: kita ada di komunitas, kita adalah saudara dan saudari, kita adalah orang yang berdoa, “kita”. Suatu kali pastor di penjara mengajukan pertanyaan kepada saya: "Katakan, Bapa, apa kebalikan dari 'aku'? Dan dengan naif saya menjawab, "kamu". “Ini adalah awal perang. Kata yang bertolak belakang dengan 'aku' adalah 'kita', di mana ada kedamaian, bersama-sama ”. Itu adalah ajaran yang baik, yang saya terima dari pastur itu.
      Dalam doa, seorang Kristen menanggung semua kesulitan orang-orang yang tinggal di sebelahnya: ketika malam tiba, ia memberi tahu Allah tentang penderitaan yang ia temui pada hari itu; Dia menempatkan di hadapan-Nya banyak wajah, teman, dan juga musuh; dia tidak mengusir mereka seperti gangguan berbahaya. Jika seseorang tidak menyadari bahwa ada begitu banyak orang di sekitarnya yang menderita, jika ia tidak mengasihani air mata orang miskin, jika ia kecanduan segalanya, maka itu berarti hatinya ... bagaimana? Apakah layu? Tidak, lebih buruk lagi: terbuat dari batu. Dalam hal ini adalah baik untuk memohon kepada Tuhan untuk menyentuh kita dengan Roh-Nya dan untuk melembutkan hati kita: "Sentuh hatiku, ya Tuhan". Ini adalah doa yang indah: "Tuhan, melembutkan hatiku, sehingga aku dapat mengerti dan mengambil alih semua masalah, semua penderitaan orang lain". Kristus tidak lulus tanpa terluka oleh kesengsaraan dunia: setiap kali Dia merasakan kesepian, sakit tubuh atau roh, Dia merasakan rasa belas kasih yang kuat, seperti rahim seorang ibu. “Perasaan belas kasihan” ini - janganlah kita lupakan kata yang sangat Kristen ini: perasaan belas kasih - adalah salah satu kata kunci utama dari Injil: inilah yang mendorong orang Samaria yang baik hati untuk mendekati orang yang terluka di pinggir jalan, tidak seperti orang lain yang memiliki kekerasan hati.
     Kita dapat bertanya pada diri sendiri: ketika saya berdoa, apakah saya membuka diri terhadap seruan begitu banyak orang, dekat dan jauh? Atau apakah saya menganggap doa sebagai bentuk anestesi, agar lebih tenang? Saya hanya melemparkan pertanyaan di luar sana, setiap orang dapat menjawab sendiri. Dalam hal ini saya akan menjadi korban kesalahan besar. Tentu saja, doa saya bukan lagi doa orang Kristen. Karena “kita” itu, yang Yesus ajarkan kepada kita, mencegah saya dari kedamaian sendirian, dan itu membuat saya merasa bertanggung jawab atas saudara-saudari saya.
     Ada orang-orang yang tampaknya tidak mencari Tuhan, tetapi Yesus membuat kita juga berdoa untuk mereka, karena Tuhan mencari orang-orang ini. Yesus tidak datang untuk yang sehat, tetapi untuk yang sakit, untuk orang berdosa (lih. Luk 5. 31) - yaitu, untuk semua orang, karena dia yang percaya dia sehat, pada kenyataannya tidak. Jika kita bekerja untuk keadilan, janganlah kita merasa kita lebih baik dari yang lain: Bapa membuat matahari-Nya atas yang baik dan yang jahat (lih. Mat 5: 45). Bapa mencintai semua! Mari kita belajar dari Tuhan yang selalu baik dengan semua orang, tidak seperti kita yang berhasil menjadi baik hanya dengan beberapa orang, dengan orang-orang yang kita sukai.
     Saudara dan saudari, orang-orang kudus dan pendosa, kita semua adalah saudara yang terkasih dari Bapa yang sama. Dan, di tengah kehidupan kita, kita akan dihakimi berdasarkan cinta, pada bagaimana kita mencintai. Bukan cinta yang hanya sentimental, tetapi juga berbelas kasih dan konkret, mengikuti aturan Injil - jangan lupakan itu! - “Apa pun yang kamu lakukan untuk salah satu dari saudara-saudaraku yang paling hina ini, kamu lakukan untukku” ( Mat 25: 40). Demikianlah firman Tuhan. Terima kasih.***



Paus Fransiskus: Cara Yesus Berdoa